Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Domain my.id Bisa di Daftarkan Google Adsense?

Seperti yang kalian tahu bahwa apabila kita membeli sebuah domain untuk digunakan pada sebuah blog, maka blog kita nanti nya akan terkesan profesional oleh orang maupun dari google sendiri. Apalagi kita menggunakan top level domain yang paling banyak digunakan seperti .com , .net , .id , .org dll.

Akan tetapi beberapa jumlah domain diatas cukup terbilang sangat mahal bagi seorang yang memiliki duit pas-pasan seperti saya ini. 

Dengan duit pas-pasan ini, setidaknya kalian tidak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah ada domain ccTLD dengan harga yang terjangkau yaitu dengan harga cuma 19ribu rupiah. 

Apa itu domain ccTLD, sebenarnya domain jenis ini tidak beda jauh seperti domain TLD (Top Level Domain) .com , .net , .id dll. Perbedaan nya ya cuma di dasarkan kepada kode negara disetiap masing-masing domainnya. seperti negara Indonesia yang memiliki akhir domain .id serta seperti Amerika Serikat yang berakhir dengan .us dan masih banyak lagi. Misalkan kalian memiliki sebuah website organisasi jadi domain yang digunakan bisa saja menggunakan or.id di domainnya.;

Baca Juga Persiapan dan Cara Membuat Blog Sampai Sukses

Dulu pernah saya baca-baca bahwa ccTLD sangat sulit untuk didaftarkan pada Google Adsense, akan tetapi disaat saya mendaftarkan domain saya di blog satu lagi, juga memiliki domain ccTLD my.id alhasil blog tersebut di approved oleh Google Adsense. Seperti gambar dibawah ini :

Apakah Domain my.id Bisa di Daftarkan Google Adsense?

Hal yang saya lakukan sebelum mendaftar kan blog yang menggunakan domain my.id tersebut adalah dengan memperhatikan unsur-unsur pendukung pada sebuah blog tersebut. Apa saja sih untuk hal-hal pendukung yang membuat blog di terima oleh Google Adsense.

Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Daftar Google Adsense

1. Memilih Template

Hal yang pertama pastinya kalian memilih template blog yang sangat menarik serta struktur template yang bagus, sebenarnya sudah begitu banyak blog atau web yang membagikan template-template secara gratis. 

Saya pakai template apa? Disaat mendaftar google adsense saya menggunakan template VioMagz dari sugeng.id.

2. Membuat artikel minimal 15 artikel

Sebenarnya jumlah artikel yang kita posting ini tidak harus minimal 15. Ada juga blog yang memiliki 5 artikel tetapi diterima google adsense. 

Berapa jumlah artikel blog saya yang diterima google adsense tersebut? Disana saya mempublikasikan artikel sebanya 12 dengan topik teknologi. Kenapa saya suruh buat 15 artikel? sejauh yang saya tahu, makin banyak artikel makin besar peluang untuk diterima Google adsense. 

Berapa kata sih artikel yang saya tulis? disini saya menulis sekitar 300 kata lebih per artikel nya dengan menambahkan minimal 1 gambar di setiap artikelnya. 

3. Halaman Statis

Memiliki halaman statis pada blog yang akan di daftar kan ke google adsense. Pada poin ini pastikan blog kalian sudah memiliki yang namanya halaman-halaman pendukung pada sebuah blog, dalam artian blog kalian sudah siap atau memiliki syarat-syarat wajib saat daftar google adsense. 

Apa saja halaman statis yang wajib ada pada sebuah blog disaat didaftarkan google adsense? 

Apakah Domain my.id Bisa di Daftarkan Google Adsense?

Nah benar, pada blog kalian pastikan sudah memiliki halaman statis seperti halaman About, Contact, Sitemap, Privacy Policy serta Terms of Service

4. Usia Blog

Berapa sih usia blog yang bisa didaftar kan ke Google Adsense? Tentunya apabila kalian menggunakan domain TLD atau ccTLD kalian tidak perlu menunggu opsi penghasilan pada blog muncul, kalian bisa saja lgsg mendaftar ke website Google Adsense.

Akan tetapi berapa bagus nya umur blog untuk didaftarkan? Banyak yang bilang bahwa memiliki umur domain diatas 3 bulan memiliki peluang besar untuk diterima oleh Google Adsense. 

Yakin? 

Apakah Domain my.id Bisa di Daftarkan Google Adsense?

Silahkan kalian lihat umur blog yang saya gunakan untuk mendaftar Google Adsense, umur blog cuma seminggu akan tetapi di diterima oleh Google Adsense 

Menurut saya sendiri umur blog tidak menjadi jaminan bahwa blog kalian diterima atau ditolak oleh Google Adsense. Jika kalian pede untuk mendaftar Google Adsense dan merasa semua syarat serta ketentuannya sudah dijalankan, tidak ada salahnya untuk mendaftar kan blog kalian biar ada sedikit penghasilan yang kalian dapatkan. 

5. Perbaiki Link Mati Pada Menu Template dan Artikel

Silahkan kalian cek dan ricek lagi setiap menu dan artikel yang memiliki link-link mati. Link mati disini adalah link yang tidak bisa dibuka atau link nya belum ditautkan. 

Jika ada menu ditemplate yang belum mengarah ke sebuah halaman, silahkan kalian perbaiki. Begitu juga dengan link-link yang mati pada sebuah artikel. 

6. Daftarkan Ke Search Console

Tips berikut nya yang membuat saya diterima Google Adsense adalah saya sudah mendaftarkan alamat blog saya ke Google Search Console. 

Disini saya daftar kan ke dua webmaster, yaitu Bing Webmaster Tools dan juga Google Search Console. Kegunaan dari webmaster ini bertujuan untuk supaya artikel yang ada pada blog kalian cepat terindeks oleh mesin pencari

7. Berdoa

Selanjut nya kalian serahkan saja semua nya ke Tuhan dan ke Google Adsense nya. Jika ditolak berarti ada hal yang belum sesuai dengan kriteria oleh Google Adsense untuk menjadikan kalian seorang publishernya. 

Banyak yang bilang saya hoki dengan umur blog kecil serta artikel sedikit cuma 12 (300 kata keatas). Saya juga mikir kalau saya ber hoki tinggi hehehe. 

Terlepas dari semua itu, artikel ini saya tulis sebenarnya membahas tentang apakah bisa domain my.id didaftarkan ke Google Adsense?

Jawabannya: BISA!

Salam blogger!

www.syahrulramadhan.my.id

Syahrul Ramadhan
Syahrul Ramadhan Everyone thinks of changing the world, but no one thinks of changing himself.

Posting Komentar untuk "Apakah Domain my.id Bisa di Daftarkan Google Adsense?"