Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis ODP (Optical Distribution Point) dan Pemasangan ODP Fiber Optik

Sebelum membahas lebih lanjut tentang jenis ODP (Optical Distribution Point), perlu diingatkan bahwa ODP dan JointBox (JB) itu berbeda. Sedikit ke belakang, sebelum sistem jaringan Fiber Optik digunakan oleh provider seperti Telkom Indonesia dengan produk Indihome, ia masih menggunakan jaringan berbasis Tembaga. Yang mana dulu sempat bergelut sama jaringan ISP yang masih berbasis tembaga di Telkom pasti sangat familiar dengan Topologi ini:

odp

MDF > RK > FP > BF > DP > DW - Spliter - Modem dan Telpon

  • MDF : Main Distribution Frame
  • MF : Main Feeder / Kabel primer
  • FP : Feeder point / Cross connect point
  • BF : Branch feeder / Kabel sekunder
  • DP : Distribution point
  • DW : Drop wire / kabel ke pelanggan
  • DC : Distribution cable


Setelah Fiber Optik dah muncul dan layanan TriplePlay di telkom, baru deh terkenal dengan yang namanya MSAN (Multi Service Access Node atau Multi Service Access Network). Dan ketika sudah menerapkan Topologi FTTH, telkom baru memasang perangkat OLT untuk menggantikan MDF, ODC untuk menggantikan RK & MSAN, ODP untuk menggantikan DP, dan DropCore untuk menggantikan DW. 


Walau kenyataaan dilapangan, perangkat-perangkat tembaga masih banyak di gunakan, tapi project Topologi FTTH akan merealisasikan Telkom 100% Fiber bersama Telkom Akses. Dan sekarang yang kali ini kita bakal bahas adalah Jenis2 ODP terlebih dahulu:

Bagi anda orang-orang yang belajar/bekerja di bidang jaringan pasti sudah mengerti apa itu ODP, namun bila anda orang yang awam dengan jaringan Fiber Optic pasti tidak mengetahui apa itu ODP itu. ODP adalah singkatan dari Optical Distribution Point yaitu sebuah perangkat yang berfungsi untuk melindungi dan membagi kabel FO/Fiber Optic (protect dan split) ke beberapa saluran atau pelanggan. Fungsi utama dari ODP adalah membagi satu core optic dari jalur utama (provider) ke  beberapa pelanggan, dengan menggunakan komponen passive splitter.

Jenis-Jenis ODP yang paling sering ditemui

1. ODP Pole

Jenis ODP ini biasanya diletakkan pada tiang (pole), untuk di daerah ODP ini sudah ada hampir di seluruh tiang Telkom ataupun provider lain di sepanjang tepi jalan dan juga sudah ada juga di beberapa komplek perumahan. Untuk bentuknya dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Jenis-Jenis ODP (Optical Distribution Point) dan Pemasangan ODP Fiber Optik

Jenis-Jenis ODP (Optical Distribution Point) dan Pemasangan ODP Fiber Optik

2. ODP Closure

ODP Clousure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekat Tiang. Jenis ODP ini juga sudah banyak di temukan dijalanan. Untuk bentuknya dapat dilihat dari gambar berikut

Jenis-Jenis ODP (Optical Distribution Point) dan Pemasangan ODP Fiber Optik

3. ODP Pedestal

ODP Pedestal ini biasanya dipasang pada permukaan tanah, ODP ini dapat dengan mudah kita temukan di area perkantoran atau perkomplekan yang tidak bisa ditanami tiang sama sekali atau tidak ingin terlihat kabel sedikitpun. Untuk bentuknya dapat dilihat sebagai berikut:

Jenis-Jenis ODP (Optical Distribution Point) dan Pemasangan ODP Fiber Optik

Biasanya ODP ini dilindungi oleh suatu tong yang berwarna hijau, bentuknya sih agak mirip dengan tong sampah. Untuk bagian dalamnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan ODP Pole.

4. ODP Solid

ODP Solid ini biasanya dipasang seperti ODP Pole, namun ODP ini dikemas dengan sangat cantik dan rapi. Pembangunan Fiber optik sendiri sekarang telah menggunakan ODP ini karena ODP Pole sudah tidak dikembangkan lagi. Untuk bentuknya sendiri seperti ini. 


Pemasangan Perangkat ODP Jaringan Akses Fiber Optik

ODP dipasang harus sesuai dengan peruntukannya, ODP Pole hanya boleh dipasang pada tiang, ODP Pedestal dipasang pada permukaan tanah, ODP Wall dipasang pada dinding dan ODP Closure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan tiang (pole) maupun di dekat Tiang.

Cara pemasangan ODP dengan cara memetik salah satu core dari kabel distribusi secara urut. Kemudian core tersebut dimasukkan ke dalam "passive splitter", dan yang biasa digunakan pada ODP yaitu pasif 1/8. Sehingga pasif tersebut di split menjadi delapan (1 input / 8 pelanggan).


Sekian dulu pembahasan tentang Jenis-Jenis ODP (Optical Distribution Point) dan Pemasangan ODP Fiber Optik. Artikel ini diambil dari berbagai sumber, baik dari Telkom Akses sendiri dan juga provider lain.
Syahrul Ramadhan
Syahrul Ramadhan Everyone thinks of changing the world, but no one thinks of changing himself.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis ODP (Optical Distribution Point) dan Pemasangan ODP Fiber Optik"