Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian ODC (Optical Distribution Cabinet) Komponen dan Fungsinya

Optical Distribution Cabinet (ODC) merupakan suatu perangkat jaringan fiber optik yang berbentuk kulkas yang mana kotak seperti kulkas ini terbuat dari material yang sangat khusus dan berfungsi untuk tempat instalasi sambungan jaringan kabel fiber optik yang didalamnya sudah dilengkapi ruang manajemen terhadap kabel fiber optik dengan kapasitas jaringan akses optik pasif biasa dikenal dengan PON yang berguna untuk hubungan telekomunikasi.

odc

Pembagian Jalur Pada ODC 

1. Feeder

Feeder ini merupakan bagian kabel yang berasal dari sisi OA >> EA >> OLT (sisi provider). Biasanya menggunakan kabel konvensional. Maksudnya menggunakan kabel optik yang dalam 1 tube mempunyai beberapa core, dan juga mempunyai kapasitas yang besar. Biasanya dalam satu ODC setidaknya ada 48 core feeder.

Biasanya peletakan ruang feeder pada ODC ini akan terlihat pada bagian paling atas bagian ODC.

2. Distribusi

Distribusi merupakan bagian kabel optik yang menuju ODP >> ONT (sisi pelanggan). Biasanya menggunakan kabel optik FTTH, yang mana satu tube nya untuk 1 core saja. Dan biasanya menggunakan kabel optik 12 core atau 24 core.

Adapun letak ruang ini biasanya akan terlihat di bawah ruang feeder.

ODC (Optical Distribution Cabinet) sendiri biasanya mempunyai kapasitas sendiri, mulai dari 144 core, 288 core. Adapun yang membedakan kapasitas itu sendiri adalah dari sisi berapa banyak basetray yang di masukkan. Semakin banyak basetray yang di masukkan, semakin besar dimensi dari ODC itu sendiri.

Komponen ODC

1. Cable Tray atau Bestray

Komponen ini berfungsi antara lain untuk menempatkan setiap hasil sambungan kabel fiber optik yang digunakan dalam konteks untuk memanejemen konektor kabelnya yang membuat setiap kabel terlihat rapi.

2. Patch Cord

Patch cord ini merupakan sebuah kaberl fiber optik yang kecil yang mana elemen ini memiliki panjang yang berbeda beda sesuai kebutuhan. Patch cord ini nantinya akan dilengkapi dengan konektor yang sudah terpasang di setiap ujung kabel nya serta digunakan khusus didalam ruangan ODC nanti nya. 

Jenis patch cord sendiri bisa saya sebutkan ada dua antara lain patch cord dengan 1 core yang disebut dengan simplex atau patch cord yang memiliki 2 core didalamnya yang disebut dengan duplex. 

3. Pigtail

Merupakan potongan kabel yang sama seperti patch core namun lebih tipis dan cuma memiliki 1 konektor di satu ujung kabel. Kegunaan pigtail ini nantinya akan disambungkan pada kabel fiber optik yang sama sekali belum ada konektor pada ujung kabelnya. 

Biasanya pigtail ini digunakan pada ruang instalasi OTB (Optical Distribution Box) kemudian di splicing atau disambungkankan. 

4. Parking Lot

Nah, ruang ini biasanya ditempatkan untuk terminasi sementara konektor yang ada akan tetapi belum disambungkan sama sekali.

Ada banyak lagi sebenarnya elemen yang ada didalam ODC seperti

  1. Slack Storage
  2. Splice Tray
  3. Splitter
  4. Splice
  5. dll

Demikian lah artikel Pengertian ODC (Optical Distribution Cabinet) Komponen dan Fungsinya, yang dapat saya bagikan, mudah-mudahan berguna bagi kalian semua.

Syahrul Ramadhan
Syahrul Ramadhan Everyone thinks of changing the world, but no one thinks of changing himself.

Posting Komentar untuk "Pengertian ODC (Optical Distribution Cabinet) Komponen dan Fungsinya"